Sederet Beasiswa di UGM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

JAKARTA – contact us – panti asuhan hidayah — banyak menyediakan beasiswa untuk mahasiswa UGM. Bahkan tidak hanya beasiswa pemerintah tetapi tersedia juga banyak beasiswa dari pihak swasta.

UGM merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia yang sudah berkelas dunia dan menjadi kampus incaran pelajar se-Indonesia.

Jumlah mahasiswa di UGM saat ini sejumlah 61.440 orang mahasiswa sarjana hingga pascasarjana. UGM memiliki 287 program studi yang tersebar di 20 fakultas/sekolah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan salah satu biaya pendidikan yang bisa diakses mahasiswa tidak mampu untuk kuliah di perguruan tinggi, termasuk juga di UGM.

Namun selain KIP Kuliah, UGM juga menerapkan UKT 0 dan juga beragam beasiswa lainnya. Dikutip dari laman resmi UGM, berikut ini informasinya.

2 Jenis UKT UGM

Untuk biaya kuliah, mahasiswa UGM yang tidak mampu pun bisa kuliah gratis asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku. Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), UGM menerapkan dua macam UKT.

1. UKT Pendidikan Unggul: UKT yang ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang terjangkau oleh seluruh masyarakat

2. UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi: UKT berupa subsidi berjenjang mulai dari 25 %, 50%, 75%, dan 100% dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

Sejumlah mahasiswa dari keluarga tidak mampu pun banyak yang lolos dan dan kuliah gratis di UGM dengan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100% (UKT).

Contohnya Putri Atmawan Pujaningsih, anak petani dari Sumbawa NTB yang kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Penetapan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM didasarkan pada kemampuan ekonomi kedua orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Kemampuan ekonomi dievaluasi berdasarkan dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa setelah dinyatakan diterima dan melakukan pendaftaran ulang.

Untuk penetapan UKT yang akan berlaku ini, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di salah satu jalur masuk UGM harus melakukan registrasi ulang dengan menyertakan dokumen pendukung.

Misalnya untuk jalur SNBT, saat registrasi ulang data pendukung dan unggah dokumen dilakukan di laman simaster.ugm.ac.id. Calon mahasiswa kemudian memantau hasil verifikasi penetapan UKT di akun SIMASTER masing-masing kemudian membayar UKT sesuai ketentuan.

Dokumen untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi

Berdasarkan informasi untuk registrasi ulang SNBT 2023 di UGM, berikut ini dokumen yang disyaratkan untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi.

1. Kartu Keluarga asli

2. KTP asli kedua orang tua/wali atau surat keterangan kematian bila

salah satu atau kedua orang tua telah meninggal dunia

3. Surat Keterangan Bebas Penyalahgunaan NAPZA dari rumah sakit atau klinik yang mempunyai izin dari pemerintah, dilampiri dengan

bukti pemeriksaan laboratorium untuk Benzodiazephine, Amphetamine, dan THC Cannabis (dijadikan 1 file)

4. Surat Keterangan Penghasilan Pokok kedua orang

tua/wali/penanggung biaya, yang disahkan oleh:

a) Bendahara gaji bagi pekerja dan pensiunan sektor formal, seperti: ASN/TNI/POLRI/Karyawan BUMN/BUMD/Swasta

b) Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja/tidak berpenghasilan atau pekerja sektor informal, antara lain: buruh, petani, nelayan,

pedagang, wiraswasta;

5. Surat Keterangan Penghasilan Tambahan/Tunjangan kedua orang tua/wali/penanggung biaya yang berstatus sebagai ASN/TNI/ POLRI/Karyawan BUMN/BUMD/Swasta yang disahkan bendahara

gaji

6. a) Laporan SPT Tahunan Pribadi bagi orang tua/wali calon mahasiswa yang berprofesi sebagai ASN/TNI/POLRI/ Karyawan BUMN/BUMD/ Swasta

b) Pernyataan Tidak Membayar Pajak Penghasilan bagi orang

tua/wali calon mahasiswa yang tidak membayar pajak

penghasilan/tidak mempunyai NPWP

7. a) Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB semua tanah/bangunan yang dikuasai/dimiliki, atau;

b) Pernyataan Tidak Mempunyai SPPT PBB

8. Kartu Perlindungan Kesehatan (Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Kartu Asuransi Kesehatan lainnya).

9. Khusus Peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah):

a) Bukti pendaftaran KIP-Kuliah, dan

b) Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT, apabila

pendaftaran KIP-Kuliah tidak memenuhi persyaratan

10. Foto rumah

a) tampak depan,

b) tampak samping (apabila memungkinkan),

c) tampak belakang (apabila memungkinkan), dan

d) garasi (apabila mempunyai);

11. Bukti pembayaran tagihan penggunaan listrik/pembelian token listrik prabayar

12. a) Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir kedua orang tua/wali/

penanggung biaya, atau

b) Surat Keterangan Penghasilan Pokok kedua orang tua/wali/ penanggung biaya, yang disahkan oleh Lurah/Kepala Desa bagi

yang tidak mempunyai rekening tabungan.

Cara Mengakses Beasiswa UGM

UGM juga mempunyai banyak beasiswa yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan daerah, pihak swasta, hingga yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dalam dan luar negeri.

Kalian bisa mendapatkan beragam beasiswa itu dengan mencari informasi beasiswa yang sedang membuka pendaftaran di laman Direktorat Kemahasiswaan UGM.

Di situ ada informasi pendaftaran beasiswa, misalnya saja:

1. Beasiswa Jardine UGM

2. Beasiswa Chandra Asri

3. Beasiswa Paragon

4. Jabar Future Leaders Scholarship

5. Beasiswa Cendekia Baznas

6. Beasiswa Yayasan Marga Pembangunan Jaya

7. Huayou Indonesia Undergraduate

8. AVO Future League Scholarship

9. PYC International Energy Conference

10.Beasiswa Karya Salemba Empat, dan lainnya

Mahasiswa pun dipermudah untuk melengkapi persyaratan karena tinggal klik beasiswa yang ingin dipilih dan membaca persyaratan dan dokumen yang diperlukan.

Pendaftaran beasiswa biasanya dilakukan di laman simaster.ugm.ac.id maupun laman resmi penyedia beasiswa. Demikian informasi mengenai uang kuliah dan beasiswa yang ada di UGM.

nexus slot